Google Trends Sangat Berguna Bagi Blogger

Mau jadi SEO writer tapi belum kenal Google Trends sama aja bohong. Karena tools ini biasa digunakan oleh para blogger untuk mencari riset kata kunci artikel yang nanti akan dibuat. Google trends memang tercipta untuk membantu para content writer mencari konten apa saja yang sedang hangat atau paling sering diperbincangkan Sejak dirilis tahun 2006 lalu, sampai sekarang Google Trends masih terus dikembangkan.

Google Trend
Google Trends merupakan tools yang dibuat oleh Google yang bisa kita gunakan untuk merancang strategi konten dan SEO. Kita bisa mempelajari apa yang banyak dicari oleh target audiens. Dari sini kita bisa membuat konten secara tepat dan meraih traffic  untuk berkunjung ke blog.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Berkualitas 

Apa kelebihan Google Trends?

1. Gratis

Kita tidak perlu membayar jika ingin mengakses Google Trends karena ini gratis. Hanya butuh kuota saja, kita sudah bisa melakukan riset berita terkini.

2. Selalu Update

Bisa dibilang Google Trends ini merupakan tools yang update setiap saat. Google terus menghitung setiap saat ada orang yang mencari sesuatu di mesin pencarian.

3. Lengkap

Google Trends bisa menyajikan berita terpopuler berdasarkan kategori tertentu. Sebagai contoh google trend bisa menampilkan berita terpanas apa yang sedang terjadi dalam dunia sepakbola.

Baca Juga : 7 Cara Efektif Mengamankan Blog Anda

Fitur-fitur yang ada di Google Trends

Nah, bagian fitur ini nih yang harus kita pahami baik-baik. Karena saking lengkapnya, sampai-sampai user biasanya bingung mengenali fitur yang ada di Google Trends.

‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’

Maksudnya disini adalah untuk mencari kata kunci apapun yang ingin kita cari, bisa disaring berdasarkan waktu, kategori bahkan juga negara. Kita bisa tau apa yang sedang ramai diperbincangkan di Afrika.

Comparison

Kita bisa membandingkan hingga 5 kata kunci. Selain itu, kita juga bisa mengunduh atau meng-embed dari hasil pencarian.

Top Chart

Kita bisa melihat hingga 100 konten yang sedang ramai diperbincangkan. Kita bisa mengintip topik yang sedang popular dari berbagai kategori.

Recently Trending

Fitur yang bisa gunakan untuk mencari info yang sedang trending saat ini secara akurat. Kita bisa mencari apa yang lagi trend hari ini, bulan ini, tahun ini, atau apapun sesuai keinginan kita.

Berdasarkan pengalaman pribadi, Google Trends tidak sebatas untuk mencari kata kunci, tapi bisa juga digunakan untuk menemukan ide konten baru. Kata-kata kunci yang ditampilkan bisa dikembangkan menjadi konten baru. Misalkan di daftar trending ada kata soto ayam yang paling popular, maka kita bisa membuat konten tentang cara membuat soto ayam.

Dalam dunia bisnis, Google Trends juga bisa digunakan untuk riset kebutuhan calon pelanggan. Membuat inovasi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tentunya akan menguntungkan bagi bisnis. Sebagai contoh, jika kita menemukan daftar tranding sepatu biru yang menjadi popular, maka tidak ada salahnya kita mencoba memproduksi beberapa sepatu berwarna biru dan mencoba menjualnya.

Baca Juga : Pentingnya Personal Branding Bagi Blogger

Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan Google trends yang tidak bisa diceritakan satu persatu. Tapi intinya adalah google trends ini sangat berguna bagi blogger dalam proses pembuatan konten terbaru. Anda bisa langsung mencobanya sekarang juga untuk mengembangkan blog yang sudah anda buat.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Dan jika ada cerita atau pengalaman yang lain, silahkan bagikan dikolom komentar di bawah. Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Terimakasih.

 

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

2 Komentar

  1. Sangat solutip kak, terimakasih sangat membantu saya sebagai blog pemula

    BalasHapus
  2. Kayaknya aku perlu mulai cek google trends juga nih sebelum nulis, mulai main seo gitu hehe. Skrg masih nulis sesuai keinginan aja.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama