7 Cara Efektif Mengamankan Blog Anda

Berbeda dengan WordPress, Blogger tidak memiliki banyak pilihan dalam masalah keamanan. Tapi ini bukan berarti anda tidak bisa melakukan apapun untuk melidungi Blog yang sudah susah-susah anda buat. Tentunya anda tidak ingin Blog yang sudah anda bangun dari awal ini hilang atau diambil orang lain. Semua pengorbanan dan kerja keras anda akan percuma, dan anda akan kehilangan segalanya, Apalagi kalau Blog anda sudah memiliki banyak artikel dan pemirsanya, pastinya anda akan sakit hati dan malas untuk melanjutkan kegiatan Blogging.

 

Blogger yang merupakan salah satu kepunyaan Google mungkin bisa membuat anda yakin bahwa ini aman, namun tidak ada yang bisa menjamin 100% akan hal ini. Oleh karenanya anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk melindungi Blog anda.

1. Gunakan Password Yang Baik

Fungsi sebuah password adalah agar akun anda tidak bisa dimasuki oleh orang lain. Hanya anda saja dan mungkin orang-orang kepercayaan anda saja yang bisa masuk ke akun anda. Jadi memiliki password yang baik adalah langkah awal dalam mengamankan Blog anda. Beberapa website terkenal bahkan mengharuskan anda membuat password dengan variasi huruf besar, huruf kecil, dan angka. Model seperti inilah yang merupakan cara membuat password yang baik dan bisa anda lakukan demi keamanan Blog anda.

Jangan pernah membuat password dari tanggal kelahiran anda, karena hal ini sangat mudah di curi orang lain. Atau mungkin anda sekarang masih menggunakan password terburuk seperti “123456”, cepatlah rubah sekarang juga password anda, karena ini adalah password pasaran dan sangat mudah ditebak orang lain.

Baca Juga : Inilah Cara Membuat Blog Anda Menguntungkan

2. Jangan Lupa Logout

Terkadang Blogger sering melakukan kegiatan Bloggingnya di warnet. Jika anda melakukan hal tersebut, jangan lupa untuk selalu logout jika anda sudah selesai melakukan Blogging. Sebelum anda meninggalkan warnet, pastikan juga komputer yang anda sudah gunakan tadi telah logout dari akun Google anda. Banyak orang yang sering lupa karena terburu-buru, dan komputer tersebut masih login dengan akun Google anda, hal ini bisa disalahgunakan oleh pengguna lainnya.

Pastikan selalu warnet yang menjadi langganan anda juga menggunakan anti-keylogger, karena dengan keylogger ini seseorang bisa merekam semua yang anda ketikan termasuk id dan password yang anda gunakan. Lebih aman jika semua kegiatan Blogging anda dilakukan di rumah dengan jaringan internet pribadi.

3. Verifikasi Dua langkah

Salah satu layanan Google ini sangat dianjurkan untuk anda gunakan untuk mengamankan semua layanan Google yang kamu gunakan, termasuk Blogger. Selain id dan password anda juga akan diminta untuk menghubungkan dengan perangkat seluler dan nomer telepon yang anda gunakan. Meskipun sedikit ribet, tapi cara ini sangat dianjurkan untuk mengamankan akun Google yang anda miliki.

Jika ada seseorang mencoba mengakses Google menggunakan akun anda, maka akan muncul pemberitahuan di Hp anda yang meminta konfirmasi. Anda bisa menolak atau menyetujuinya untuk menyaring kegiatan tersebut.

4. Gunakan Template Dari Website Terpercaya

Tidak semua Blogger mengerti bahasa kode dan memiliki pengetahuan di bidang IT. Setiap Blogger pastinya ingin membuat Blog yang memiliki tampilan menarik untuk pengunjung, karena template yang disediakan oleh Blogspot terbatas maka pilihan terbaik adalah dengan mendownload template dari website lain. Anda harus berhati-hati karena ada juga template yang mengandung iklan ke situs-siitus terlarang dan ada juga yang menyusupkan malware. Bahkan mereka terkadang menawarkan secara gratis agar anda tertarik dan terjebak untuk memakainya.

Jika anda ingin mendownload template yang bagus dan aman, pilihlah sumber dari website yang terpercaya jangan dari website sembarangan.

Baca Juga : 11 Cara Ampuh Blogger Dapatkan Audiens

5. Menggunakan HTTPS

Jika anda hanya menggunakan HTTP, data yang anda kirimkan tidak dalam keadaan terenkripsi sehingga bisa diambil atau dicuri. Berbeda dengan HTTPS yang memberi perlindungan tambahan sehingga pertukaran data bisa lebih aman. Google bahkan sangat menyarankan penggunaan HTTPS dan menjadikannya sebagai salah satu faktor penentu peringkat website di Google.

Anda bisa masuk ke menu setelan – Dasar  dan pada pilihan pengalihan HTTPS klik ya untuk mengaktifkannya.

6. Backup Blog Secara Rutin

Membackup Blog yang anda punya tidaklah sulit dan waktunya pun sangat singkat. Anda harus rajin backup Blog anda secara rutin untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan. Kelemahan Blogger ini yaitu tidak semua kepemilikannya adalah milik anda. Google bisa saja menghapus Blog anda kapanpun dan anda bisa kehilangan semuanya jika anda tidak memiliki backup.

Disarankan, anda membuat sebuah folder di komputer  yang berisi backup dari template blog dan juga semua karya tulis yang sudah anda buat. Jadi jika hal yang tidak mengenakkan itu terjadi, anda sudah mempunyai cadagannya.

7. Menyaring Komentar Pengunjung

Tidak semua kometar itu baik, ada juga komentar spam. Komentar spam mungkin tidak berpengaruh kepada keamanan Blog anda, akan tetapi komentar semacam ini bisa mempengaruhi peringkat sebuah artikel di Search Engine. Komentar spam biasanya mengandung sebuah link yang mengarah ke situs-situs terlarang. Tentunya tujuan anda membuat artikel adalah supaya banyak orang yang membacanya, akan tetapi komentar spam inilah yang bisa membuat artikel di Blog anda akan sepi oleh pengunjung.

Untuk menghindarinya, cobalah menyaring setiap komentar yang masuk dan anda harus menyaringnya untuk menentukan komentar mana saja yang bisa ditampilkan atau dibuang.

Baca Juga : Mengenal Jingling Dan Dampaknya Pada Website

Membangun sebuah Blog tidaklah mudah, butuh waktu dan perjuangan untuk membuat blog yang baik. Oleh karenanya anda harus terus menjaga keamanan Blog yang sudah dibuat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mudah-mudahan cara diatas bisa membantu anda mengamankan Blog anda. Marilah menjaga Blog tetap aman dari sekarang.

Sekian dulu artikel dari kami semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika anda mempunyai cara lain mengamankan Blog anda, berbagilah dengan kami dan pengunjung lainnya di kolom komentar. Dan jangan lupa bagikan juga artikel ini kepada teman-teman anda untuk menambah informasi. Terimakasih.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama