11 Cara Ampuh Blogger Dapatkan Audiens

Setiap Blogger pastinya berharap Blog yang dia miliki bisa mendapatkan banyak pengunjung karena dengan semakin banyak pengunjung, maka semakin besar juga jumlah pengunjung yang bisa dikonversi menjadi pelanggan potensial. Namun kenyataannya, banyak sekali pemilik Blog yang tidak mendapatkan banyak pengunjung meskipun sudah banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan bahkan uang untuk mengoptimalkan Blognya.
Jika anda memiliki masalah yang sama dengan kasus diatas tentu akan membuat anda bertanya-tanya apa yang salah dengan blog anda hingga masih sedikit pengunjungnya?
Melalui artikel ini, saya akan memberikan solusi untuk masalah yang sedang anda hadapi karena saya akan memberikan tips tentang 11 cara ampuh blogger dapatkan audiens

1. Riset Keyword

Riset Keyword merupakan hal pertama yang perlu anda lakukan jika ingin mendapat kunjungan Blog dengan cepat. Riset Keyword penting karena jika anda mengetahui keyword apa yang sering digunakan, anda bisa dengan mudah menjangkau audiens. Janganlah egois dan mengandalkan ide pribadi karena belum tentu audiens tertarik dengan ide anda.
Saat ini sudah banyak sekali tools yang bisa anda cari di Google dan digunakan untuk mengetahui keyword apa yang sering digunakan oleh para audiens. 

2. Riset Kompetitor

Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah riset kompetitor atau tingkat persaingan. Menganalisa tingkat persaingan sangat penting karena hal ini akan menentukan seberapa mudah konten anda akan terlihat oleh audiens.
Terdapat banyak tools riset yang bisa anda gunakan, salah satu contohnya Ahrefs. Tools ini menyediakan data performa suatu situs mulai dari kualitas backlink, kualitas domain, pilihan keyword, dan kualitas traffic organic.

3. Tulis Judul Yang Menarik

Setelah anda sudah menentukan keyword apa yang akan digunakan, selanjutnya adalah membuat judul. Anda harus bisa membuat judul yang menarik karena dengan semakin menariknya sebuah judul akan membuat audiens tertarik untuk membaca artikel anda.
Dalam menulis judul, gunakan bahasa yang spesifik, kata sifat yang kuat, tambahkan angka, dan dapat memicu rasa ingin tahu. Biasanya audiens akan tertarik pada judul yang menawarkan janji yang bisa didapat audiens sebagai contoh "Tips Dapat 4000 Jam Tayang Bagi YouTube Anda."

4. Tulis Konten Yang Menarik

Judul saja tidak cukup untuk menarik perhatian pengunjung untuk membaca konten karena banyak pengunjung akan segera keluar dari suatu Blog yang diklik dalam waktu kurang dari 10 detik. Hal ini terjadi karena judul yang menarik, tetapi isi kontennya tidak menarik dan mengecewakan pengunjung sehingga mereka akan segera pergi dan tidak akan pernah kembali karena menyesal.
Karena itu, anda harus bisa membuat konten yang menarik sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda. Untuk membuat konten menarik, pastikan anda mengisi kontennya dengan informasi yang mudah dibaca, dimengerti, dan bermanfaat bagi pembaca. Pastikan juga anda menulis konten yang sesuai dengan judul artikel.

5. Gunakan Long Tail Keyword

Perlu anda ketahui, ada dua jenis keyword yang ada di pencarian Google, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Bagi anda yang ingin fokus untuk mendapat lebih banyak audiens dengan cepat, fokuskanlah perhatian anda pada long tail keyword.
Hal ini diperlukan karena long tail keyword tidak memiliki saingan sebanyak short tail keyword sehingga akan lebih memudahkan anda untuk mendapat audiens. Setelah website anda berkembang besar, baru anda bisa ikut persaingan short tail keyword.

6. Tambahkan Gambar

Kebanyakan orang lebih malas membaca artikel yang panjang, padahal rata-rata artikel yang ada di halaman pertama Google memuat jumlah kata yang panjang. lalu apa yang mereka gunakan untuk menahan aduiens tetap membaca?
Mereka memanfaatkan bantuan ilustrasi gambar. Dengan adanya gambar, pengunjung tidak akan cepat merasa bosan dan akan lebih nyaman membaca konten yang anda tulis.
Gambar juga bisa menghindari bounce rate pada Blog anda yang menyebabkan ranking Blog turun di Google. Bounce rate ini adalah sebutan untuk pengunjung yang cepat meninggalkan Blog anda.

7. Gunakan Internal Link

Untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda gunakanlah internal link. Internal link adalah link yang ada di dalam sebuah artikel yang mengarahkan pembaca ke artikel lain yang ada di blog anda sebelumnya. Disarankan bagi anda untuk memasang tiga internal link dalam sebuah artikel.

8. Lakukan Guest Post

Guest post adalah suatu kegiatan menulis artikel yang nantinya akan diterbitkan di blog milik orang lain. Keuntungannya adalah anda bisa menempatkan 3 link yang mengarah kepada blog anda. Blog anda akan mendapat sumber audiens baru dari Blog tempat anda menjadi guest post.
Jika anda ingin melakukan guest post, pilihlah blog yang memiliki trafik yang tinggi. Anda akan berpeluang mendapatkan audiens berkualitas yang berasal dari blog tempat anda memberi guest post.

9. Aktif Di Forum Online

Para Blogger biasanya suka berkumpul di sebuah forum online seperti Facebook, Kaskus, Quora, dan lainnya untuk saling bertukar ide dan pendapat. Anda bisa memanfaatkan forum online ini sebagai sumber audiens ke Blog anda. Caranya, anda bisa aktif di beberapa forum Blogger online, kemudian posting blog yang pernah anda buat di forum tersebut.

10. Update Konten Secara Konsisten

Membuat artikel baru secara rutin adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pemilik Blog karena hal ini akan menunjukkan kalau suatu Blog itu aktif  dan selalu up-to-date.
Minimal 3 artikel terbaru dalam seminggu secara konsisten dapat meningkatkan page rank Blog yang menaikan peringkat Blog anda di Google dan membuat semakin besar pula peluang anda mendapatkan audiens baru setiap harinya. 

11. Gunakan Media Sosial

Facebook, Twitter, Pinterest, adalah contoh media sosial yang memiliki jutaan pengguna setiap harinya. Sangat disarankan bagi anda untuk membagikan setiap artikel terbaru anda di media sosial ini.
Anda bisa mendapatkan audiens baru dari media sosial ini, khususnya jika anda menyediakan konten yang berkualitas. Mereka akan tertarik membagikan konten anda ke teman-temannya sehingga semakin banyak lagi orang yang berkunjung ke Blog anda.
Demikianlah 11 cara ampuh yang biasa dilakukan Blogger untuk mendapatkan audiens. Semoga semua poin ini bisa berguna bagi kemajuan blog anda.
Briel Betsya

Tidak Pandai Bicara, Tapi Masih Bisa Menulis

1 Komentar

  1. Terimakasih infonya banyak membantu buat saya yang pemula. Izin berlangganan yah

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama