Yakin Jadi Full Time Blogger? Baca Dulu Nih

Banyak blogger sukses yang sampai bisa meraih ratusan juta setiap bulannya dari blog yang sudah mereka buat. Hal ini tentunya sangat menggoda dan memberi motivasi untuk blogger-blogger lain terutama blogger pemula untuk fokus di dunia blogger. Akan tetapi jika dilihat lebih dalam lagi, mereka yang sukses ini adalah para Full time blogger yang mencurahkan semua waktunya untuk menjadi penulis. Mungkin anda termasuk orang yang ingin meninggalkan pekerjaan anda sekarang dan ingin fokus menjadi full time blogger.

Full time blogger

Hi Sob, sebelum anda mengambil keputusan tersebut alangkah baiknya anda bertanya dulu dalam hati. Sudah berapa tahun kamu nge blog? Atau sudah dapat penghasilan berapa dari blog? Trus kamu yakin, mau resign dari kerjaan dan mau fokus di nulis blog aja? 

Baca Juga : 5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Untuk Menjadi Blogger Sukses

Kalau masih ragu-ragu, coba baca beberapa hal penting ini dulu ya.

Ini yang harus kamu pertimbangkan sebelum kamu memutuskan keluar kerja dan menjadi full time blogger

1. Kondisi ekonomi

Yakin blog yang sudah kamu buat bisa PO (pay out) rutin? Ketika hasil rutin yang didapat sudah setara atau mendekati kebutuhan bulanan, atau tidak ada kesulitan ekonomi, jangan ragu untuk menjadi full time blogger. Mungkin blog anda sudah menampilkan Adsense, tapi pertimbangkan lagi apakah ini cukup?

2. Tabungan atau dana cadangan

Masih soal uang nih… pastikan sebelum meninggalkan pekerjaan tetap, dana cadangan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Kalo masih jauh, cobalah dipikirkan dulu deh. Selain untuk kehidupan sehari-hari, kita juga harus memperhitungkan biaya untuk mempromosikan blog di berbagai media.

Baca Juga : 21 Kesalahan Blogging Yang Bisa Merusak Blog Anda

3. Manajemen Waktu

Beda dengan karyawan tetap yang sudah ada jadwal kerja. Menjadi seorang content writer – Freelance maupun full time blogger, harus pandai membagi waktu dan menentukan sendiri deadline. Jika gagal me-manage waktu, Alhasil berantakan semua keinginan dan pencapaian. Kita harus bisa mengatur waktu untuk bisa mengejar target yang sudah kita buat.

4. Konsisten

Beralih profesi menjadi seorang penulis, artinya harus tetap konsisten menulis, konsisten belajar, dan konsisten meng-upgrade skill. Jangan pernah ada perasaan lelah atau bosan, karena jika itu terjadi maka bubar jalan deh. Berapa artikel yang sudah kita buat per hari atau per minggu, bisakah kita konsisten?

5. Idealisme dan Percaya diri

Jangan terlalu sering dengar kata-kata yang mengucilkan atau meragukan. Yakin dan percaya pada kemampuan kamu dan buktikanlah. Menjadi seorang fulltime blogger bisa menyamai atau bahkan melebihi kesuksesan karier lain. Sering-seringlah menonton video dari para blogger sukses untuk menambah motivasi dan mempertebal rasa percaya diri.

Baca Juga : 11 Keuntungan Menjadi Blogger

Blog-blog besar dibangun dengan perjuangan. Tidak ada yang instan, kita juga harus berjuang terlebih dahulu untuk bisa menikmati hasil yang besar dari blog kita. Janganlah terlalu cepat mengambil keputusan meninggalkan pekerjaan dan fokus menjadi blogger. Memang tidak ada yang melarang, tapi kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu segala resikonya.

Ingat : Seorang blogger sukses bisa memiliki banyak keuntungan, bahkan honor jutaan dalam sekali posting. Jika sudah siap, jangan ragu untuk melepas karir sebagai pekerja tetap.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama