Pentingnya Personal Branding Bagi Blogger

Personal Branding adalah sebuah cara bagaimana kalian membentuk citra diri. Baik itu dari segi keahlian, keterampilan, hingga karakter pribadi. Buat blogger, personal branding ini penting banget loh. Sebagai blogger, bagaimana kalian dikenal sebagai penulis profesional, amatir, dan menguasai bidang penulisan tertentu.

 

Apa sih pentingnya personal branding bagi seorang blogger?

1. Meningkatkan kepercayaan diri

2. Meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap skill dan pribadi kita

3. Memperkuat kredibilitas

4. Memperluas koneksi

5. Lebih besar berkesempatan mendapatkan banyak project dari iklan

6. Menunjukan siapa kita, apa keahlian kita, dan kelebihan kita

Baca juga : Cara Mendapatkan Hot Market Bagi Bisnis Anda

Lalu bagaimana cara seorang blogger meningkatkan personal branding?

Ada beberapa cara bagi para blogger untuk meningkatkan personal branding

1. Buat portofolio

Lengkapi portofolio sebagai penulis, pengalaman dalam dunia menulis, project apa saja yang sudah pernah di tangani, deretan para klien yang sudah pernah bekerjasama dengan anda, dan jangan lupa sertakan juga testimoni mereka.

2. Share portofolio

Sering-seringlah bagikan portofolio baik itu di jejaring sosial, Ketika bertemu klien, dan tampilkan juga di blog yang anda punya. Kalo perlu anda juga bisa bergabung di forum-forum yang sejalan dengan blog anda, dan anda bagikan ceritanya disana.

3. Buat Blog pribadi

Blog yang anda buat adalah etalase ‘jualan’ anda. Orang lain, pengunjung dan pemilik brand akan dengan mudah melihat karya dan bidang apa yang anda kuasai dari blog yang anda bangun. Blog juga akan membuat bisnis anda terlihat lebih profesional.

Baca Juga : 16 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan Sebuah Blog

4. Kembangkan jaringan di media sosial profesional

Media sosial jangan hanya dipakai untuk update status aja. Anda harus bisa memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan skill dan personal branding seperti di Linkedin. Update tulisan menarik, buat jejaring lebih luas, dan aktif berkomunikasi.

5. Berprestasi dalam sebuah bidang

Prestasi seorang blogger bisa seperti sering menang lomba menulis. Anda akan diundang sebagai pembicara dalam beberapa even, atau menjadi influencer blogger yang pastinya akan banyak pengikut di media sosial

6. Tampilan konten berkualitas

Konten yang berkualitas jelas lebih menarik perhatian ketimbang konten asal-asalan atau berantakan. Ini tentunya akan berpengaruh kepada value branding yang sudah anda bangun

7. Jaga Reputasi Klien

Ketika anda sudah memiliki klien dalam mengerjakan project, jaga kepercayaan dan nama baik mereka untuk meninggalkan kesan yang baik. Bisa jadi klien anda ini akan Kembali ingin bekerja sama dengan anda untuk mengenalkan produk-produknya yang baru.

8. Konsisten

Tidak ada hasil yang instan. Untuk meraih kesuksesan, anda harus berjuang terlebih dahulu, dan ini bisa saja memakan waktu yang tidak sebentar. Anda harus bisa konsisten mempertahankan reputasi atau branding agar tidak dilupakan.

Baca Juga : Cerita Orang Sukses Dari Dunia Blogger

Jadi gimana blogger, setelah membaca artikel ini apakah personal branding ini perlu bagi seorang blogger? Jika jawaban anda iya perlu, marilah kita membangun personal branding dengan dimulai dari sekarang. Lakukan semua tips di atas dalam membangun personal branding agar semua yang anda lakukan tidak akan sia-sia.

Jika kalian ada tips lainnya, bisa anda tuliskan di kolom komentar bagian bawah agar pembaca lain bisa mendapatkan informasi lebih dari anda. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, dan jangan bosan yah untuk berkunjung lagi untuk menemukan tips-tips baru lainnya. Sampai Jumpa.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama