Surat Pajak Adsense Youtube, Ini Solusinya

 

Sebagai warga Negara yang baik tentunya kita harus taat dan membayar pajak. Dimanapun kita bekerja dan berapapun besarnya penghasilan yang kita dapat dari pekerjaan, haruslah dilaporkan kepada kantor pajak. Begitu juga jika anda seorang Youtuber, yang mencari penghasilan tambahan dari Youtube. Karena sekarang para Youtuber akan mulai dikenakan pajak dari penghasilan yang didapatkannya dari Youtube.

Google Adsense


Baru-baru ini saya sempat kaget dapat surat cinta terbaru dari Youtube Adsense berkenaan dengan Peraturan Pajak Adsense YouTube. Pihak YouTube ini mengirimkan surat ke para Youtuber dan mengabarkan bahwa pihaknya akan segera mengenakan pajak Amerika Serikat (AS) untuk penghasilan dari para kreator dari luar AS. Selain itu YouTube juga menarik pajak dari kreator di AS.

Dari isi surat tersebut dikatakan, “Kami mengontak anda karena Google akan diwajibkan oleh pihak pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak Amerika Serikat atas pembayaran kepada para kreator dari luar Amerika Serikat dimulai dari tahun ini (secepatnya diberlakukan mulai Juni 2021). Untuk itu beberapa minggu ke depan, pihak Youtube akan meminta anda untuk mengirimkan informasi pajak anda di Google AdSense untuk menghitung dengan tepat besarnya potongan pajak, jika berlaku. Jika anda tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google diwajibkan akan memotong hingga sebesar 24% dari total penghasilan anda yang didapat dari seluruh dunia.”

Kebijakan terbaru ini tentu tidak memengaruhi konten kreator dari AS, karena seharusnya mereka sudah mengirimkan informasi pajak AS-nya di AdSense saat pertama kali mendaftar bergabung bersama Program Partner YouTube.

Jika anda adalah konten kreator di luar AS, mulai tahun ini (2021), penghasilan yang anda peroleh dari penonton di AS mungkin akan terkena pemotongan pajak. Berdasarkan Pasal 3 Hukum Pendapatan Dalam Negeri Amerika Serikat (U.S. Internal Revenue Code), Google sebagai pemilik Youtube, bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi mengenai pajak dari semua konten kreator dari luar Amerika Serikat yang melakukan monetisasi dan akan memungut pajak jika kreator tersebut memperoleh penghasilan dari penonton di Amerika Serikat.

Baca Juga : Youtube-Cara Cepat Dapatkan 4000 Jam Tayang

Berikut ini adalah isi dari surat dariYoutube mengenai pemberitahuan pajak tersebut

surat adsense youtube

Intinya disini adalah bahwa pendapatan yang anda terima sebagai youtuber akan dipotong 24% dari total pendapatan kalau tidak mengisi form. Namun jika anda sudah memiliki NPWP, cuma kena pajak 10% untuk views dari America. Jadi, sekarang anda tinggal isi bagian TIN ASING dengan No. NPWP-nya.

Baca Juga : Panduan SEO Youtube, Video menjadi Trending

Mungkin sekarang anda sudah membaca email dan mulai mencoba mendaftarkannya, Tapi bisa jadi juga anda akan bingung karena informasi dalam email tersebut mungkin terdengar sedikit sulit. Anda tidak perlu khawatir karena pihak Youtube sendiri sudah mengeluarkan video resmi sebagai tutorialnya. Anda bisa simak di video di bawah ini.


Informasi yang didapat di video di atas ini penting bagi semua kreator dari luar AS yang sudah melakukan memonetisasi. Dalam video tersebut dijelaskan secara detail bagaimana caranya mengirimkan informasi pajak AS yang diperlukan di AdSense.

Demikanlah artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama