PRINSIP DASAR MENDESAIN DASBOR TABLEAU

  

Desain dasbor

Pada kesemptan kali ini mimin, akan share tentang salah satu software Business Intelligence yang paling populer. Software tersebut adalah Tableau. 

Tableau tidak hanya software yang canggih, untuk melakukan visualisasi data, namun untuk analisa software ini layak dicoba.

Nah Berikut Prinsip Dasar Mendesain Dasbor Tableau.

1- Hindari Clutter pada Dasbor

source: tableau.com

Mungkin saat pertama kali Anda mulai membuat sebuah dasbor, Anda akan mencoba untuk memasukkan setiap diagram atau pun grafik ke dalam dasbor. Hindari terlalu banyak memasukkan elemen-elemen pengganggu ke dalam dasbor Anda.

Trik yang tepat adalah menghapus sebanyak mungkin elemen-elemen pengganggu dasbor. Anda juga perlu membuat dasbor Anda simple dan mudah dipahami oleh audiens Anda. Jangan menumpuk lebih dari satu grafik ke dalam satu worksheet, karena akan berefek kepada dasbor Anda yang terasa penuh. Berikan selalu ruang untuk menambah kejelasan

2- Gunakan Grid Layout

source: tableau.com

Saat menempatkan sebuah objek pada dasbor, Anda perlu mempertimbangkan format tata letak objek atau yang biasa disebut Grid Layout. Dalam desain apapun termasuk dasbor tableau Anda pastika penggunaan Grid Layout ini.

Grid Layout membantu memberikan urutan membaca dasbor yang Anda buat. Ini memungkinkan audiens untuk memandu diri mereka sendiri melalu dasbor dengan cara yang dapat diprediksi dan logis. Anda dapat menggunakan alur berbasis kolom atau baris untuk membuat narasi yang mengarahkan pengguna dari gambaran umum ke detail.

3- Pilih Font yang tepat

source: tableau.com

Tipografi  itu penting. Mungkin Anda ingin menggunakan banyak jenis dan ukuran font pada dasbor tableau. Namun jangan pernah melakukan hal demikian, karena itu membuat audiens tidak dapat focus dengan alur pada dasbor Anda. Tentukan hirarki yang jelas untuk tipografi, seperti pada gambar di atas.

Pada contoh gambar di atas, ada font level atas, menengah dan bawah. Tingkat menengah berwarna biru untuk memfokuskan perhatian audiens. Warna dapat menarik perhatian ke tingkat yang paling penting.

Mengurangi tingkat hirarki menjadi hanya yang paling diperlukan, dapat mengurangi kebingungan audiens Anda. Maka, warna adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan focus Audiens Anda.

4- Sederhanakan penggunaan warna

source: tableau.com

Mungkin Anda sering melihat desain grafis yang terlihat penuh dengan warna. Dalam dasbor tableau warna adalaah salah satu hal paling menggoda untuk dimainkan saat mendesain dasbor. Kita mungkin mengira seperti bagus, ketika membuat segala sesuatunya penuh warna-warni. Tetapi penggunaan warna yang terlalu banyak tidak akan mampu menambah nilai

Anda harus memilih warna pada dasbor Anda, dan alasan apa Anda memilih warna tertentu. Serta apa yang dapat dikomunikasikan kepada audiens dengan warna yang Anda pilih?. Jika Anda belum mampu menjawab pertanyaan ini. Andy Cotgreave menyarankan Anda menghapus warna yang terlalu ramai.

Ingatlah bahwa 8% pria memiliki defisiensi penglihatan warna atau yang biasa disebut color-vision deficiency (CVD). Pilih palet yang berfungsi dengan baik dan dapat digunakan secara universal. Warna-warna yang disarankan untuk Anda menghindarinya adalah warna Merah dan Hijau,  atau setidaknya pilih warna merah / hijau yang bisa dilihat oleh penderita CVD. Untuk menyelami lebih dalam, tinjau praktik terbaik Tableau untuk warna.

Nah itu tadi sudah dibahas prinsip dasar mendesain dasbor tableau. Nantikan tulisan mimin berikutnya ya. feel free to share and give new insight for all.

Semoga Bermanfaat

AB


Referensi

Adhi Bagus Pribadi

Assalamualaikum...!!! Salam kenal ane Adhi Bagus Pribadi, seorang biasa yang sedang berusaha menjadi orang yang bermanfaat, saya Kuliah S1 di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Insyaallah Pejuang Islam Kaffah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama