Penempatan Iklan Blog Yang Dilarang Adsense

Tentunya harapan dari semua Blogger adalah bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog yang sudah dibuatnya. Pastinya ada rasa senang dan bangga jika blog yang sudah anda buat bisa di monetisasi dan juga menampilkan iklan Adsense. Akan tetapi menjadi partner dari Google Adsense ini susah, karena banyak peraturan yang harus di taati oleh para publishernya. Jika ada satu saja peraturan yang dilanggar, maka Google Adsense bisa secara tiba-tiba mambanned akun anda.


Adsense
 

Mungkin sekarang anda bisa merasa bangga karena blog anda bisa menampilkan iklan dari Google Adsense. Tapi jika anda melanggar salah satu peraturan, maka bisa jadi besok iklan dari Google Adsense ini tidak akan tampil lagi di blog anda. Inilah yang biasanya para Blogger sebut dengan istilah Dismonetisasi. Semua penghasilan yang sudah anda kumpulkan akan hilang dalam sekejap karena sebuah kesalahan saja.


Baca Juga : Cara Jitu Menampilkan Adsense Ber CPC Tinggi

 

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan akun Adsense anda Dismonetisasi, Salah satu hal yang sering menyebabkan hal ini terjadi adalah kesalahan dalam penempatan iklan di blog. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang hal ini, karena yang penting bagi mereka adalah di blognya sudah tampil iklan dan bisa ditempatkan dimanapun. Ini tidaklah benar, dan anda harus memperbaikinya dari sekarang juga karena ada beberapa penempatan iklan yang ternyata dilarang oleh Google Adsense. Silahkan anda simak baik-baik.

 

1. Iklan Dipasang Pada Halaman Tanpa Konten


Ada beberapa Blogger atau mungkin juga anda yang memiliki halaman login sebelum bisa masuk kedalam blog anda. Alangkah baiknya anda jangan pernah menempatkan iklan di halaman ini karena konten disini tidak memberikan informasi apa-apa. Google yang selalu ingin memberikan kepuasan kepada pembaca dan ingin iklannya tepat sasaran sangat membenci dan memandang ini sebagai suatu kerugian bagi mereka.


Baca Juga : Strategi Jitu Pasang Iklan Di Blog Anda

 

2. Menempelkan Iklan Dengan Gambar Lain


Banyak orang yang beranggapan bahwa memasang iklan di bawah gambar bisa meningkatkan jumlah klik iklan tersebut. Hal ini memang benar, akan tetapi Google Adsense melarang kegiatan tersebut karena ini akan menimbulkan klik yang tidak sengaja. Para pembaca bisa tertipu dengan mengklik iklan karena perhatian mereka fokus kepada gambar yang cantik dan menarik



Gambar diatas adalah contoh iklan Adsense yang digabungkan dengan gambar lain. Kotak berwarna merah adalah gambar yang sudah disiapkan, sedangkan kotak berwarna biru adalah iklan adsense. Dari sini anda bisa lihat bahwa orang akan tertipu dan mengklik iklan Adsense karena gambarnya yang menarik.

 

3. Iklan Tertutup Menu


Biasanya hal ini terjadi pada iklan-iklan Adsense yang ditempatkan di bagian atas (dibawah menu) pada sebuah blog. Penempatan iklan disini memang sangat efektif, karena para pembaca akan langsung melihat iklan tersebut saat berkunjung ke blog anda. Tapi masih banyak Blogger yang tidak mengetahui jika penempatan iklan dengan cara ini bisa beresiko jika ditempatkan pada template yang kurang pas. Menu yang jika diklik dan tampilannya kebawah akan mengganggu iklan Adsense yang di tempatkan di atas.



Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa Iklan Adsense akan tertutup sebagian oleh menu pada saat pembaca mengklik tombol menu. Google Adsense sangat tidak menyukai jika iklannya tidak ditampilkan secara penuh. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan klik yang tidak valid. Jadi alangkah baiknya jika anda menggunakan template yang tidak memiliki sub menu untuk mengatasi hal tersebut.

 

4. Ajakan Mengklik Iklan


Google Adsense sangat berharap bahwa semua yang mengklik iklannya adalah pembaca yang benar-benar tertarik dengan iklan tersebut, bukan karena ketidak sengajaan atau paksaan. Penempatan iklan dengan menambahkan kata atau kalimat yang bersifat mengajak, sangat dilarang oleh Google Adsense.


 

Seperti pada contoh gambar diatas, dimana publisher iklan ini menambahkan kalimat “CLICK ME” untuk memancing pembaca mengklik iklannya. Selain kalimat click me, biasanya juga ada kalimat lain seperti click here atau rekomendasi. Apapun kalimatnya, Google Adsense akan menganggap bahwa anda sudah menyesatkan para pembaca untuk mengklik iklan tersebut.

 

5. Jumlah Penempatan Iklan Dalam Blog


Jumlah penempatan iklan di dalam sebuah blog memang masih banyak diperdebatkan oleh para Blogger. Ada yang mengatakan maksimal tiga iklan, ada yang bilang empat, bahkan ada yang bilang bisa lebih dari itu.Sebenarnya pihak Google Adsense pun tidak pernah memberikan acuan mengenai jumlah iklan yang bisa ditampilkan dalam sebuah blog. Tapi jika anda melihat portal berita besar yang sudah terkenal, anda bisa melihat jika mereka menempatkan lebih dari lima iklan dalam satu halaman.

 

Hanya sebagai masukan saja, penempatan iklan di dalam artikel pun sebaiknya anda atur agar tidak terlalu kebanyakan. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga konten supaya tetap berkualitas. Jika artikel anda mengandung 500 kata, cukup tampilkan satu saja iklan dalam artikel tersebut. Jika artikel mengandung 1000 kata, anda baru bisa menambahkan 1 iklan lagi di dalamnya.


Baca Juga : Strategi Produktif Untuk Goolge Adsense

 

Demikianlah artikel mengenai penempatan-penempatan iklan di blog yang dilarang oleh Google Adsense. Pastinya anda tidak ingin akun Google Adsense anda kena banned karena adanya kesalahan dalam penempatan iklan seperti contoh di atas tadi. Oleh karena itu, segeralah perbaiki penempatan iklan Google Adsense pada blog anda sekarang juga. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan semoga anda bisa mendapatkan informasi yang berguna disini.

Emmy M.S

Si cerewet, galak, tapi ngangenin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama