Fungsi Deskripsi Dan Tag Pada Video Youtube

Sama seperti Google, mesin pencarian Youtube adalah salah satu mesin pencarian yang sekarang sudah banyak digunakan orang-orang untuk mencari segala sesuatu. Mesin pencarian Youtube juga merupakan sumber trafik yang bisa mendatangkan penonton bagi video-video anda di Youtube. Tahukah anda bahwa judul, deskripsi, dan tag pada sebuah video akan berpengaruh kepada peringkat video anda di mesin pencarian Youtube? Jika anda menggunakannya dengan benar maka video anda akan ditempatkan di halaman atas pada mesin pencarian.


Youtube


Kalau soal judul pastinya anda sudah pada mengerti semua, akan tetapi banyak Youtuber terutama pada pemula yang suka menyepelekan perihal deskripsi dan tag dalam video yang akan mereka upload. Selain judul, deskripsi dan tag inilah yang akan membuat video anda terdeteksi oleh mesin pencarian Youtube pada saat calon penonton sedang mencari video berdasarkan kata kunci yang sesuai. Semakin tepat deskripsi dan tag yang anda gunakan dalam sebuah video, maka akan semakin besar juga kemungkinan video anda akan ditampilkan di halaman atas video yang mereka cari.


Baca Juga : Menjadi Youtuber Itu Sulit, Ini Alasannya


Hingga saat ini masih banyak para Youtuber pemula yang hanya memberikan judul saja kedalam video yang mereka upload tanpa memberikan deskripsi dan juga tag. Hal ini adalah sebuah kesalahan yang akan merugikan bagi anda. Video anda ini akan sedikit dilihat orang dan otomatis hasil kerja keras anda juga akan sia-sia. Oleh karena itu melalui artikel kali ini akan dijelaskan pentingnya pemberian deskripsi dan juga tag yang akan membuat video anda semakin terkenal dan banyak ditonton orang.

 

Deskripsi Video Youtube


Bagi Youtuber pemula, pemberian deskripsi ini sangat penting untuk membuat videonya semakin banyak dilihat orang. Terkecuali jika anda sudah terkenal dan mempunyai channel Youtube dengan banyak subscriber, maka penulisan deskripsi ini bisa anda abaikan. Sebagai pemula yang belum mempunyai banyak subscriber, alangkah baiknya anda selalu mencantumkan deskripsi pada semua video yang akan anda upload. Setidaknya tuliskan dua paragraph yang menceritakan tentang isi video tersebut. Buatlah kalimat yang bisa menimbulkan rasa penasaran kepada para pembaca untuk lanjut menonton video anda. Dijamin jumlah penonton anda akan semakin meningkat setelah melakukan hal ini.

 

Deskripsi ini sangat berguna untuk memberikan informasi mengenai apa yang ada di dalam video tersebut. Jadi meskipun penonton belum menonton video anda, mereka sudah memiliki gambaran apa yang ada didalam video tersebut. Selain itu, deskripsi juga akan memudahkan robot mesin pencari Youtube untuk mengkategorikan video yang anda miliki. Pemberian deskripsi juga akan memberikan kesan bahwa video yang anda miliki tidak dibuat secara asal-asalan.


Baca Juga : Kesalahan Youtuber Pemula Yang Harus Dihindari

 

Penggunaan Tag Video


Penggunaan kata-kata tag ini memang bebas, baik kata-kata yang panjang ataupun kata-kata yang pendek asalkan semuanya relevan dengan isi video. Penggunaan tag pada video Youtube yang akan anda upload ini akan berguna bagi pengelompokan video tersebut agar mudah ditemukan di mesin pencarian. Jadi ketika seseorang menuliskan satu atau dua kata yang pas dengan tag yang anda berikan pada video, maka semakin besar juga kemungkinan video tersebuat akan ditampilkan di halaman atas mesin pencarian.

 

Masih banyak Youtuber yang tidak mau mengambil pusing dan membiarkan videonya di upload tanpa menggunakan tag. Hal ini akan membuat video anda akan kalah bersaing dengan video-video lain yang serupa. Selain itu juga ada sebagian Youtuber asal-asalan memberikan tag yang tidak sesuai dengan isi video, hal ini akan dirasa percuma karena meskipun video anda sudah tampil di halaman atas mesin pencarian, video anda tidak akan diklik oleh para penonton karena judul yang tidak sesuai kemauan penonton.

 

Demikianlah penjelasan mengenai pengtingya pemberian deskripsi dan penggunaan tag pada video-video yang akan anda upload ke Youtube. Intinya adalah anda tidak boleh menyepelekan kedua hal tersebut karena akan mempengaruhi posisi video anda di mesin pencarian Youtube. Jika kedua poin diatas sudah anda lakukan maka, channel anda akan semakin ramai dikunjungi oleh orang lain, dan video andapun akan semakin terkenal.


Baca Juga : Youtube - Cara Cepat Dapatkan 4000 Jam Tayang

 

Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan bagi anda semua. Terima kasih.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama