Penyebab Loading Blog Anda Lambat

Para Bloger tentunya ingin mempunyai blog yang dapat diakses dengan cepat, karena jika blog anda lambat untuk diakses, maka yang akan terjadi adalah tingkat bounce rate yang semakin tinggi. Selain itu, para pengunjung biasanya menjadi malas untuk kembali lagi ke blog anda karena lama untuk mengaksesnya. Oleh karena itu anda perlu memperbaiki tingkat loading blog yang anda punya. 


Loading


Penyebab loading blog anda lama biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor. Biasanya para Blogger pemula akan merasakan hal ini terlihat dari pengunjung blognya yang terus sedikit. Dengan membuat artikel yang sudah menarik kemudian ditunjang dengan teknik SEO yang baik akan percuma jika loading blog anda tetap berat.

 

Anda bisa mencoba membuka blog anda sendiri, tapi pastikan dahulu bahwa koneksi internet anda dalam keadaan stabil, karena bisa saja blog anda lambat diakses karena koneksi internet yang kurang baik. Biasanya loading blog yang cepat itu waktu loadingnya 3 detik. Jika lebih dari itu, mungkin ada faktor lain yang menghambat waktu loading blog anda, seperti yang akan dibahas di bawah ini.


Baca Juga : 11 Cara Ampuh Blogger Dapatkan Audiens

 

Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa membuat waktu loading blog anda menjadi lambat, berikut ulasannya :

 

1. Ukuran Gambar Terlalu Besar


Gambar yang menjadi salah satu syarat wajib SEO dalam artikel, terkadang menjadi kendala dalam waktu loading blog anda. Gambar yang memiliki ukuran yang besar akan menjadi kendala dalam waktu loading blog anda. Gambar yang memiliki ukuran yang besar akan menjadi beban dalam waktu loading. Pada saat pengunjung mengakses halaman utama, tentunya disana akan ditampilkan gambar-gambar dari artikel terbaru yang anda buat. Inilah yang akan menjadi beban saat loading blog.

 

Dari sekarang juga anda  bisa memperbaiki semua ukuran gambar yang terdapat dalam artikel. Jangan terlalu banyak menampilkan banyak gambar pada artikel yang sudah anda buat. Cukup satu saja per artikel, kecuali jika artikel anda memiliki 1000 kata, maka anda bisa memasukkan 2 gambar. Kompreslah dahulu setiap gambar yang akan anda tampilkan dalam artikel. Idealnya ukuran gambar adalah dibawah 150 KB.

 

2. Memilih Template Blog Yang Berat.


Anda juga harus selektif dalam memilih template yang akan anda gunakan dalam blog. Jangan hanya karena tampilannya yang menarik lalu anda gunakan dalam blog. Anda harus memilih template yang ringan untuk digunakan dalam blog.


Baca juga : Ciri-ciri Template SEO Friendly Bagi Blog

 

Penyebab suatu template itu menjadi berat adalah dari terlalu banyak menggunakan script seperti CSS, kode HTML, dan javascript. Carilah template yang ringan dengan memperhatikan script seperti diatas tadi. Jika anda tidak memiliki pengetahuan dalam bidang IT, anda bisa menggunakan Google PageSpeed Insight untuk melihat kecepatan loading template sebelum anda menggunakannya.

 

3. Terlalu Banyak Memasang Iklan


Mungkin tujuan utama anda melakukan Blogging adalah untuk bisa mendapatkan pebghasilan tambahan. Anda mungkin terlalu banyak menampilkan iklan baik berupa video, gambar bergerak (.gif), atau gambar biasa. Menampilkan iklan yang terlalu banyak inilah yang akan menghambat waktu loading blog yang anda punya.

 

Ingatlah anda akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan jika pengunjung blog anda banyak. Jika anda membiarkan hal ini dan blog anda lambat untuk diakses, maka siapa yang akan tertarik datang ke blog anda? Perbaikilah susunan iklan yang ditampilkan dalam blog anda, dan jangan terlalu banyak anda menampilkan iklan.

 

4. Terlalu Banyak Memasang Widget


Widget memang bisa memperindah tampilan blog dan juga memberikan informasi yang lain kepada para pengunjung. Akan tetapi menggunakan widget yang berlebihan akan membuat loading blog anda menjadi lambat. Pemasangan widget yang berlebihan dan menutupi artikel akan membuat pengunjung malas berlama-lama diam di blog anda. Ingatlah bahwa pengunjung datang ke blog anda adalah untuk membaca artikel, bukan melihat widget yang menutupi artikel.


Baca Juga : Pasang Widget Wajib Ini Agar Diterima Adsense

 

Pilihlah widget yang penting saja untuk ditampilkan, dan hapus widget yang tidak penting bagi blog anda. Letakkan juga widget secara teratur dan tidak menutupi artikel. Jika blog anda masih menampilkan banyak widget sekarang, segeralah perbaiki dan pilihlah widget-widget yang penting saja.

 

Demikianlah faktor-faktor yang bisa memperlambat waktu loading blog anda. Jika anda masih menemukan kesalahan-kesalahan seperti pada poin diatas pada blog anda, segeralah lakukan analisa dan perbaiki sekarang juga. Jika anda sudah melakukan poin-pon tadi, maka dijamin blog anda akan lebih cepat dan mudah untuk diakses.

Emmy M.S

Si cerewet, galak, tapi ngangenin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama