6 Cara Menghasilkan Uang dari Blogging


6 Cara Menghasilkan Uang dari Blogging - Blogging menjadi salah satu kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi para maniak internet.

Sebelum adanya sosial media, Blog menjadi sebuah identitas tersendiri bagi setiap orang dalam berosialisasi di Dunia Maya.

Tapi tahu ngga sih kalo ngeblog juga bisa ngehasilisin duit?

Cara Menghasilkan Uang dari Blog



Mungkin pada tahun-tahun lalu, Blog dikenal sebagai sebuah platform untuk menulis semacam diary.

Tapi sejak Kehadiran Google Adsense, Blog juga menjadi media untuk menghasilkan uang dari Internet,

Namun, sudahkah kalian tahu bagaimana cara memperoleh penghasilan dari blog? kalau belum, berikut ini 6 Cara Meperoleh Penghasilan melalui Blog.


1. Adsense



Layanan pengiklan dari Google ini memang sedang cukup banyak dibicarakan.

Tak banyak yang mengira bahwa seseorang benar-benar bisa menghasilkan uang hingga jutaan hanya dari Internet.

Adsense sendiri lebih dikenal banyak orang sebagai sumber penghasilan para YouTuber.

Sejatinya Adsense sudah lebih dikenal lebih dulu sebagai layanan penginklan yang juga menjadi sumber penghasilan para pengelola web dan blog.

Yah, pada awalnya memang Google Ads merupakan Layanan pengiklan yang menarget para pengunjung situs web.

Karena saat itu, web dan blog merupakan sumber informasi paling utama yang banyak diakses seseorang saat membuka Internet.

Sejak saat itu pula Adsense menjadi sumber penghasilan utama para blogger dan pemilik web yang sudah menjadi Mitra Google.

Namun, banyak yang mengeluhkan bahwa situs mereka sulit diapprove oleh Adsense.

Mereka berfikir bahwa Google Ads sudah semakin sulit untuk bermitra dengan blog, padahal problem utamanya dari para pemilik situs itu sendiri.

Situs yang mereka ajukan masih memiliki banyak kekurangan yang membuatnya dianggap tidak memenuhi persyaratan.

Seperti struktur situs yang masih berantakan, banyak link mati, loading yang terlalu berat, atribusi halaman yang belum lengkap, artikel yang cenderung plagiat, konten copyright lainnya, dan visitor yang masih sedikit/

Walau Adsense pertama kali di perkenalkan sebagai layanan pengiklan untuk web, namun di Indonesia sendiri orang-orang baru mengenalnya sejak ramai bermunculan fenomena YouTuber berpenghasilan jutaan.

Dari situ banyak yang tertarik untuk menjadi Mitra Google, tapi karena merasa kurang bisa bersaing di YouTube, mereka pun mencoba menjadi blogger agar bisa bermitra dengan Google Adsense.

Sayangnya mereka berfikiran bahwa dengan memiliki akun Adsense maka akan automatis berpenghasilan.

Padahal sumber pendapatan seorang blogger bergantung dengan trafik yang mereka dapatkan dan faktor-faktor pendukung lainnya.

Bila kamu benar-benar berniat untuk mendapat penghasilan melalui Google Adsense maka persiapkan situsmu dengan benar dan pastikan traffict nya sudah cukup tinggi.

Agar bisa di Approve dan benar-benar mendapat earning.

2. Layanan Iklan Lain



Mereka yang belum di Approved Adsense ataupun merasa menyerah untuk mengajukan permohonan, biasanya mencari layanan pengiklan alternatif.

Beberapa Daftar Layanan Iklan Alternatif Google AdSense untuk Blog, diantaranya :

  • AdNow 
  • Adsterra
  • Bidvertiser
  • Evadav
  • Infolinks
  • MediaNet
  • MGID
  • OIO Publisher
  • PopAds
  • PopCash
  • Propeller Ads
  • Revcontent
  • RevenueHits
  • ylliX

Sayangnya beberapa orang mengatakan bahwa layanan alternatif cenderung memiliki nilai/harga iklan yang lebih rendah.

Tapi tetap saja, untuk mendaftarnya pun tidaklah mudah, harus ada poin-poin yang dipenuhi agar bisa benar-benar memperoleh penghasilan.

Contohnya MGID, mereka memiliki persyaratan bahwa Mitra Pengiklan harus memiliki traffict setidaknya 3000 per hari.

Tentunya hitungan ini sudah berdasarkan kemungkinan pendapatan yang diperoleh mitra bila sudah menggunakan layanan iklan mereka.

Jika belum memiliki trafik dengan jumlah minimal tersebut, maka ada kemungkinan tetap sulit mencapai batas tertentu pendapatan yang bisa di WD.

Karena memang pendapatan seorang blogger dari Iklan bukan mengacu dari layanan apa yang dipakai, tapi dari kualitas situs mereka sendiri dalam menarik visitor dan menampilkan iklan kepada visitor.

3. Safelink



Kalian pernah download aplikasi, software atau file lainnya dari Internet?

Biasanya sebelum benar-benar menuju halaman download dari link unduhan yang asli, kita akan melalui halaman tertentu yang biasa berisi iklan dan menunggu beberapa saat sebelum muncul tombol untuk lanjut ke halaman asli dari Link Download.

Nah itulah yang dinamakan Safelink, alias halaman dalam sebuah web yang digunakan apakah link yang akan dituju merupakan tautan yang aman dari virus dan malware, ataupun kemungkinan buruk lainnya.

Dalam perkembangannya, orang-orang memanfaatkan safelink sebagai sumber penghasilan.

Situs-situs download aplikas atau software bajakan merupakan salah satu situs yang dianggap melanggar hak cipta.

Oleh karena itu mereka tidak bisa menghasilkan pendapatan melalui adsense dengan menampilkannya secara langsung di situs.

Alhasil untuk iklan yang tampil di blog/web biasanya menggunakan layanan alternatif adsense.

Sementara Iklan dari Google Adsense mereka pasang di safelink.

Ketika pengunjung ingin mengunduh file maka mereka akan melewati halaman safelink, dari situ iklan pun mendapat views dan kemungkinan klik, dan pemilik akun pun jadi bisa mendapat penghasilan.

Sampai saat ini safelink belum jelas aman atau tidak, dalam artian apakah melanggar persyaratan layanan Google AdSense atau tidak.

Namun bila kalian memiliki blog download, maka tidak ada salahnya menggunakan Safelink untuk menambah pendapatan.


4. Jasa Tulis Artikel



Artikel merupakan kekuatan utama seorang Blogger dalam meraih visitor dan mendapatkan traffict yang akan menjadi sumber pendapatan iklan mereka.

Beberapa orang cenderung memiliki waktu luang untuk menulis artikel lebih banyak dari blogger lain.

Bila anda termasuk tipe orang tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa penulisan artikel.

Terlebih lagi bila anda sudah memahami bagaimana aturan yang benar untuk menyusun artikel yang SEO Friendly.

Karena banyak blogger permula diluar sana yang sering kehabisan ide saat menulis artikel, dan belum tahu bagaimana struktur dari artikel yang SEO Friendly.

Banyak juga Blogger yang sebenarnya sudah tahu bagaimana cara melakukannya tapi tidak memiliki waktu karena harus mengurus beberapa Blog berbeda.

Alhasil mereka pun menyewa jasa penulisan artikel untuk lebih memudahkan pekerjaannya tersebut.

Dengan menyewa jasa penulisan artikel, mereka tetap bisa mengupdate situs utama sambil mengembangkan situs yang baru.

Jika kalian rasa tulisan kalian cukup rapi, enak dibaca dan SEO Friendly, tidak ada salahnya untuk membuka jasa penulisan artikel.

Sehingga bisa menambah pemasukan anda darai blogging.

5. Content Placement



Content Placement merupakan salah satu metode bagi sesama Blogger untuk memasang backlink dari situs yang dirasa memiliki rangking bagus di Google.

Dalam melakukan Content Placement ada dua kemungkinan, Kalian menuliskan artikel untuk pelanggan dengan request tertentu dan pemasangan backlink tertentu.

Atau pelanggan menyiapkan sendiri artikel yang ingin di publikasikan di blog kalian.

Opsi tersebut biasanya dipilih berdasarkan kesepakatan harga antara pelanggan dan pemberi jasa.

Kemungkinan Client yang di dapatkan oleh seorang Blogger saat membuka content placement bukan hanya dari sesama pemilik blog.

Tapi juga mereka yang ingin mempromosikan product atau jasa yang mereka miliki, agar lebih dikenal orang atau juga menarik lebih banyak pelanggan.

6. Lomba Blog



Terakhir adalah lomba Blog, ini merupakan salah satu cara klasik yang di lakukan seorang blogger dalam mendapatkan penghasilan melalui kegiatan Blogging.

Dalam keadaan tertentu, biasanya ada perusahaan, instansi atau individu lain yang mengadakan lomba blog.

Perlombaan yang dimaksud yaitu para peserta ditugaskan menulis artikel dengan kriteria tertentu, panjang kata tertentu lainnya, dimana biasanya hal ini dilakukan untuk mempromosikan sesuatu.

Destinasi wisata, Produk Tertentu atau kebutuhan lainnya.

Hadiah yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung, mulai dari 500 ribu hingga 2 Juta atau lebih tergantung penyelenggara.

Penulis : Dirga ID
Dirga ID

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama