Bounce Rate Tinggi? Inilah Penyebabnya

Bounce Rate menjadi salah satu tolak ukur bagi sebuah blog untuk bisa meraih peringkat di mesin pencarian Google. Para Blogger selalu ingin memperbaiki tingkat bounce rate di blognya karena ini mempunyai efek negatif  bagi perkembangan blognya. Oleh karena itu, dari sekarang juga anda harus memperbaiki tingkat bounce demi kemajuan blog yang sudah anda buat.


Bounce Rate
Bounce Rate

 

Masih banyak Blogger pemula yang masih bingung melihat bounce ratenya yang tinggi. Oleh karena itu melalui artikel ini saya akan coba memberi informasi hal-hal apa sajakah yang bisa membuat tingkat bounce rate itu tinggi. Tapi sebelum kesana, akan dijelaskan terlebih dahulu tentang arti Bounce Rate.

 

Apa Itu Bounce Rate


Bounce Rate adalah keadaan dimana pengunjung hanya membuka satu saja halaman di blog anda dan tidak melakukan tindakan selanjutnya. Mereka tidak mengklik internal link dan juga menu yang sudah disediakan. Bounce rate ini mengindikasikan bahwa pengunjung blog anda tidak tertarik dengan artikel dan juga blog anda. Semakin tinggi tingkat bounce rate suatu blog maka akan semakin buruk juga peringkat blog anda di mata Google.


Baca Juga : 7 Cara Efektif Mengamankan Blog Anda

 

Lalu apa saja hal yang menyebabkan bounce rate blog itu tinggi? Perhatikanlah poin-poin di bawah ini karena mungkin saja anda masih melakukan kesalahan berikut

 

Menipu Landing Page


Inilah hal utama yang biasanya membuat pengunjung kecewa. Saat anda membagikan artikel anda ke media sosial dan melihat judul yang ditampilkan, ternyata setelah di klik malah disajikan bahasan yang berbeda. Pengunjung akan langsung menutup halaman anda karena merasa ditipu.

 

Loading Page Yang Lama


Baiknya sebuah halaman bisa dibuka setelah 3 detik, jika lebih dari itu berarti loading page anda masih lambat. Pengunjung sangat tidak suka menunggu lama untuk membaca artikel anda. Mereka akan malas untuk membuka halaman lain karena loading page yang lambat.

 
Tampilan Halaman Yang Mengganggu


Penambahan widget dan juga penampilan iklan yang berantakan bisa membuat pengunjung anda malas berlama-lama di blog anda. Ingatlah, pengunjung anda datang untuk membaca artikel dan mendapat informasi, bukan melihat widget dan iklan-iklan yang menganggu. Tampilan yang mengganggu ini juga bisa membuat para pengunjung tidak bisa membaca artikel secara lengkap karena terhalangi.


Baca Juga : Berapa Lama Artikel Baru Terindeks Google?

 

Susunan Kata Yang Berantakan


Biasanya hal ini terjadi pada blog-blog yang melakukan copy paste dari blog luar negeri. Mereka melakukan translate menggunakan Google dan langsung memindahkannya ke blog tanpa diperbaiki terlebih dahulu. Pengunjung yang membaca artikel jenis ini akan bingung membaca kata-kata dalam artikel karena susunan katanya berantakan. Jika satu artikel ini saja sudah membuat mereka bingung, bagaimana mereka ingin mengunjungi artikel anda yang lain?

Terkadang juga para Blogger sering menggunakan bahasa Gaul atau bahasa kekinian yang belum tentu bisa dipahami oleh semua pengunjung yang datang.

 

Template Tidak Responsive


Disadari atau tidak, template yang responsive ternyata mempengaruhi tingkat bounce rate. Kemajuan jaman membuat orang bisa membuka blog anda menggunakan berbagai perangkat seluler. Tampilan yang tidak responsive akan menyulitkan para pengunjung untuk mengakses blog anda. Ini bisa membuat mereka malas berlama-lama diam di blog anda dan segera pergi.


Baca Juga : Kenapa Template Blog Harus Responsive

 

Demikianlah hal-hal yang bisa membuat bounce rate blog anda tinggi. Segeralah perbaiki semua kesalahan yang ada di blog anda supaya tingkat bounce rate menurun. Jika bounce rate blog anda menurun maka peringkat blog anda di mesin pencarian google pun akan semakin meningkat

 

Sekian dulu artikl kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih


Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama