Menjadi Youtuber Itu Sulit, Ini Alasannya

Youtube sekarang sudah menjadi tempat bagi orang-orang berkreasi dan berekspresi. Selain itu juga Youtube bagi sebagian orang sudah digunakan sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak Youtuber terkenal yang sudah bisa mendapatkan ratusan juta rupiah dari setiap videonya, hal inilah yang memacu para generasi milenial ingin mencoba menjadi Youtuber dan lalu membuat channel pribadi di Youtube.

Youtuber
Youtuber

Youtube dulunya hanya sebagai situs tempat berbagi video layaknya media sosial lainya. Sekarang zamannya sudah berubah. Setelah masuknya media partner Google Adsense, membuat orang-orang  tertarik membuat channel Youtube dan bisa menjadi publisher Google Adsense. Tentunya hal ini dilakukan supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga : Nenek 90 Tahun Jadi Youtuber Game Tertua Didunia

Dengan jutaan pengguna Youtube perharinya, tentunya sangat menarik bagi para pengiklan untuk memasarkan produknya di situs ini. Para pengiklan ini tidak akan memilih channel sembarangan untuk mempromosikan produknya, biasanya mereka akan memilih channel terkenal dengan harapan bisa dilihat oleh banyak orang. Bagi pemilik channel, tentunya ini sebuah peluang mendapatkan penghasilan.

Untuk bisa menjadi Youtuber terkenal yang bisa mendapatkan penghasilan itu tidaklah mudah. Berdasarkan riset yang telah kami lakukan kepada orang-orang yang sudah berhenti menjadi Youtuber, inilah alasan kenapa mereka berhenti dan bilang kalau jadi Youtuber itu sulit.

1. Harus Mampu Membuat Konten Yang Menarik

Membuat video itu mudah, akan tetapi membuat video yang menarik dan disukai banyak orang itu susah. Ibarat seorang Blogger yang membangun sebuah blog dan mengisinya dengan artikel-artikel menarik, begitu juga dengan Youtuber yang diharuskan untuk selalu membuat konten video menarik dalam channelnya. Jika satu video aja susah, apalagi banyak?

Kecuali jika anda memiliki sebuah bakat atau hobi tertentu seperti bermain musik, menyanyi ,memancing atau lainnya. Ini adalah sebuah potensi besar yang bisa digunakan untuk membangun dan mengembangkan channel Youtube anda.

Baca Juga : Panduan SEO Youtube, Video Jadi Trending

2. Ketatnya Persaingan

Jutaan video di upload ke Youtube setiap harinya dengan berbagai macam niche. Disinilah anda dituntut untuk membuat video yang mempunyai keunggulan dibandingkan video-video lainnya. Sebagai contoh jika anda membuat video cover lagu dari seorang penyanyi ternama, apakah ini jaminan bahwa video anda akan banyak penontonnya? Karena di Youtube pastinya sudah banyak yang melakukan cover lagu yang sama dengan anda.

Kecuali anda punya ide untuk membuat konten yang belum pernah ada di Youtube. Tapi hal ini juga sulit, karena sampai artikel ini dibuat, semua kata yang dicari pasti sudah ada videonya. Yang unik adalah ketika kami coba memasukan kata tidak melakukan apa-apa, muncul video tutorial tidak melakukan apa-apa dan hebatnya sudah di tonton oleh ribuan orang.

3. Harus Pandai Memilih Keyword

Mungkin anda sudah memiliki sebuah video yang menarik lalu anda menguploadnya ke Youtube, tapi anda sembarangan memasang keyword. Video anda akan kalah bersaing dengan video lain yang satu tipe. Anda harus banyak mempelajari dulu teknik-teknik memilih keyword untuk video yang akan anda upload. Anda juga harus bisa menebak kira-kira kata apa yang dimasukkan oleh para calon penonton sehingga video anda bisa ditempatkan di peringkat pertama.

Sebagai Youtuber pemula, ada pentingnya anda mempelajari soal keyword ini terlebih dahulu, dan tentunya jam terbanglah yang bisa membuat anda menjadi semakin ahli dalam memilih keyword.

4. Mental Yang Tidak Kuat

Semua Youtuber terkenal, berawal dari Youtuber pemula. Mereka juga butuh proses dan perjuangan untuk bisa menjadi terkenal seperti sekarang. Terkadang Youtuber pemula tidak memiliki mental yang kuat dan memutuskan berhenti menjadi seorang Yotuber karena videonya hanya sedikit ditonton orang. Mungkin sekarang video anda kurang mendapat respon dari penonton, tapi seiring pengalaman, anda harus menganalisa kegagalan dan kemudian memperbaikinya di video anda selanjutnya.

Kecuali jika anda adalah seorang artis dan sudah memiliki banyak penggemar. Pastinya video apapun yang anda buat akan banyak ditonton oleh penggemar anda. Ini yang membuat para artis lebih mudah menjadi Youtuber ketimbang orang biasa saja.

 Baca Juga : 13 Cara Jitu Dapatkan Banyak Viewer Youtube

Dari alasan-alasan inilah kita bisa menarik kesimpulan bahwa menjadi seorang Youtuber terkenal yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan itu sulit. Akan tetapi ini bukanlah sebuah penghalang bagi anda untuk tetap menjadi Youtuber. Menjadi seorang Youtuber haruslah disertai perjuangan sehingga channel anda bisa menjadi terkenal. Jika anda ingin menjadi seorang Youtuber, bangunlah channel Youtube anda dan upload dengan video-video yang menarik dan disukai banyak orang. Terimakasih.


Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama