Kesalahan Youtuber Pemula Yang Harus Dihindari

Melihat banyaknya penghasilan yang didapat oleh para Youtuber, pastinya membuat banyak kalangan ingin mengikuti dan mencoba peruntungan juga dengan menjadi seorang pembuat konten. Apalagi dengan kemudahan dan waktu yang singkat bagi siapapun untuk bisa membuat channel Yotube, pastinya ini akan membuat orang akan semakin tertarik untuk mencobanya. Tapi perlu diketahui bahwa membuat konten yang menarik tidaklah semudah membuat Youtube channel. Apalagi sekarang Youtube sudah semakin memperketat aturan yang membuat Youtuber pemula tanpa disadari akan melakukan kesalahan.

Youtube
Youtube

Minimnya informasi yang dimiliki oleh para Youtuber pemula, membuat mereka sering melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal. Hal ini akan berdampak buruk bagi sebuah channel. Jadi alangkah baiknya sebelum memutuskan menjadi seorang Youtuber, kita harus memahami syarat dan ketemtuan yang berlaku dalam Youtube.

Baca Juga : Panduan SEO Youtube, Video Jadi Trending

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan poin-poin kesalahan yang biasanya sering dilakukan oleh para Youtuber pemula. Jika poin-poin ini dilanggar maka kemungkinan besar channel yang sudah dibuat tidak akan bisa sukses, bahkan hal terburuk pun bisa terjadi yaitu channel Youtubenya akan ditutup. Pastinya hal ini tidak ingin terjadi kepada anda. Marilah disimak sama-sama.

Mengupload Ulang Video Orang Lain

Seperti yang diutarakan di atas bahwa membuat sebuah konten tidaklah semudah membuat channel Youtube. Terkadang para Youtuber pemula ingin mencari jalan pintas untuk memenuhi channelnya dengan banyak video terbaru. Karena tidak memiliki ide untuk membuat video terbaru, akhirnya Youtuber pemula ini sering mengambil cara instant yang tanpa disadari bahwa ini akan berdampak buruk bagi perkembangan channelnya.

Mendownload sebuah video dari channel milik Youtuber lain, kemudian mengedit videonya dan lalu mengupload ulang kembali video tersebut di channelnya. Ini adalah kesalahan besar karena kita akan mendapat teguran bukan hanya dari pemilik aslinya saja, Youtube juga akan memberikan sanksi. Yang terberat, Youtube bisa langsung menutup channel yang melakukan copyright.

Saling Subscribe

Peraturan Youtube yang mewajibkan sebuah channel baru untuk bisa dimonetisasi harus memilik 1000 subscriber dan 4000 jam tayang membuat para Youtuber pemula ingin mengejar target dan terjerumus kedalam cara yang salah. Youtuber pemula sering melakukan sub4sub yang jelas termasuk kedalam metode curang yang berbahaya karena termasuk kedalam interaksi palsu.

Jika ingin membuat channel Youtube dengan tujuan monetisasi menggunakan Google Adsense, sebaiknya saling subscribe ini harus dihindari. Tapi jika tidak akan dimonetisasi, maka hal ini boleh-boleh saja. Semuanya kembali lagi kepada keputusan pemilik channel Youtube.

Baca Juga : Youtube - Cara Cepat Dapatkan 4000 Jam Tayang

Menyewa Jasa View

Seorang Youtuber bisa menjadi terkenal dan mendapatkan banyak penghasilan karena video yang dibuatnya banyak ditonton dan disukai orang lain. Terkadang Youtuber pemula tidak memahami proses yang terjadi disini dan mengambil jalan pintas yang salah dengan menyewa jasa menambah view di videonya. Youtube sangat menyukai video yang membuat penontonnya betah menyimak dan menonton sampai video berakhir. Dengan menyewa jasa view, video anda hanya dikunjungi sebentar saja dan tidak ditonton sampai akhir. Youtube akan menilai video anda ini tidak memiliki nilai dan tidak akan menaikan peringkat video tersebut.

Ada yang lebih penting daripada view, yaitu jam tayang. Youtube lebih menyukai video-video dengan jam tayang tinggi ketimbang memiliki view yang banyak. Inilah yang membuat video-video yang memiliki durasi panjang dan memiliki jam tayang tinggilah yang biasa muncul di halaman pertama pencarian Youtube. Jadi menyewa jasa view ini adalah hal yang percuma karena tidak akan membuat video anda menjadi terkenal.

Memakai Konten Yang Memiliki Hak Cipta

Youtuber pemula biasanya sering membuat video dan menambahkan lagu favoritnya sebagai musik latar tanpa mengetahui jika musik tersebut memiliki hak cipta yang dilindungi. Hal ini wajar karena sebagai pemula yang masih harus banyak belajar, saya juga pernah melakukan hal ini dan langsung dapat teguran copyright. Hal ini harus dihindari karena jika tetap dilakukan dan dibiarkan maka channel Youtube kita bisa ditutup.

Kerugian besar lainnya jika kita tetap memaksakan konten yang memiliki hak cipta digunakan dalam video kita adalah hasil yang didapatkan dari penampilan iklan di video kita ini tidak akan masuk ke akun Adsense kita, tapi akan masuk ke penghasilan Adsense pemilik konten. Kita tidak akan mendapatkan apa-apa.

Baca Juga : Cara Menghindari Copyright Youtube

Demikianlah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para Youtuber pemula yang bisa merugikan channel Youtubenya sendiri. Jadilah Youtuber yang baik dengan mematuhi peraturan dan ketentuan dari Youtube. Youtuber tersukses juga awalnya sama dengan kita, memiliki masalah dengan subscriber dan jam tayang yang sedikit. Tapi semuanya membutuhkan proses untuk mencapai keberhasilan.

Sekian artikel kali ini semoga bisa menjadi informasi yang berguna, dan juga menjadi motivasi bagi kita untuk selalu membuat konten baik yang menarik. Terimakasih.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama