Cara Membuat Video Kita Muncul Di Suggested Video Youtube

Salah satu tugas yang sulit bagi semua youtuber adalah meningkatkan jumlah view dan subscriber. Jika pada Blog, organic traffic didapat paling banyak melalui proses SEO. Sedikit berbeda dengan video di Youtube. Saat ini traffic terbesar bisa berasal dari Suggested Video. Jadi buat semua Youtuber, sepertinya harus mulai fokus bagaimana mendatangkan trafik dari Suggested Video. Saat ini, banyak teknik yang dipakai oleh para Youtuber dunia untuk mendapatkan trafik dari Suggested Video. Ada yang menyebutnya dengan nama teknik sequal atau Similarity Technique. 


Youtube


Simpelnya, teknik ini melakukan berbagai upaya agar video kita muncul di list suggested video, pada saat sebuah video populer (yang niche nya sama dengan kita) sedang di tonton. Jika sebuah video populer telah selesai ditonton, video kita akan direkomendasikan Youtube untuk ditonton di menu 'next to watch'


Baca Juga : Panduan Sebelum Anda Upload Video Di Youtube


Lalu bagaimana cara melakukan teknik sequal tersebut sehingga video kita bisa direkomendasikan oleh Youtube? Berikut ini adalah cara yang bisa kita lakukan.


Carilah sebuah video paling populer yang memiliki niche atau tema video yang sama dengan channel kita. Carilah di Youtube lalu tonton dan amati videonya. Cari poin penting yang membuat kenapa video itu bisa populer dan mengundang banyak view. Silahkan kita tiru poin pentingnya. Buatlah dengan redaksi dan gaya penyampaian kita sendiri, sehingga menjadi unik dan tidak berkesan menjiplak. 

Jika kita menemukan kekurangan dari video popular tersebut, segera perbaiki dan tambahkan informasi supaya lebih jelas. Buatlah video kita lebih baik dari yang dia buat. Baik dari segi isi materi, editing dan penyajiannya, bahkan jika memungkinkan durasinya juga. Marilah kita membuat yang lebih baik dan lebih menarik.


Baca Juga : Youtube - Cara Cepat Dapatkan 4000 Jam Tayang


Secara algoritma, video kita pastinya akan disandingkan atau masuk kategori 'similar' atau mirip dengan video populer tersebut, jika video kita mempunyai judul, keyword, deskripsi dan hashtag yg relatif sama. Jadi, tiru aja bagian ini karena Ini sah-sah saja. Namun harus tetap diingat, meniru bukan berarti menjiplak 100%. Lakukan hal ini secara elegan dan wajar. Sepertinya para pembaca disini sudah tahu cara melakukannya dan tidak perlu diajarkan lagi di artikel ini.


Ada juga faktor lain yang membuat video kita masuk ke list 'Suggested Video', yaitu expected watch time. Yotube sangat menyukai video yang membuat penontonnya betah menyimak sampai video berakhir. Video yang memiliki durasi panjang, punya kesempatan lebih baik dalam mendapatkan expected wacth time. Usahakan membuat video minimal 10 menit tapi tetap enak untuk dinikmati hingga akhir.


Kesalahan umum yang biasanya dilakukan Youtuber adalah mengisi menit pertamanya dengan intro animasi yang membosankan, atau malah hanya diisi dengan ajakan like, komen, subscribe dll. Cobalah ganti menit pertamanya dengan spoiler atau bocoran inti video yang bikin penasaran audiens sehingga tertarik menyimak lebih lama. Kita harus membuat penonton menyimak minimal hingga setengah durasi video, atau hingga mereka mendapatkan poin inti video kita. Mudah-mudahan nonton sampe abis.


Jangan lupa juga buatlah Thumbnail yang menarik. Thumbnail inilah yang pertama dilihat oleh calon penonton kita. Dengan Thumbnail yang menarik akan mendorong penonton mengklik video kita. Thumbnail mempunyai kekuatan dalam menarik perhatian penonton.


Baca Juga : Nenek 90 Tahun Jadi Youtuber Game Tertua Di Dunia


Intinya tetap kembali lagi ke konten. Setelah menemukan video yang populer, kita harus membuat konten unik dan lebih baik dari video sebelumnya. Baik dari segi judul yg dibidik, keyword, deskripsi dan hashtag nya. 


Jadi sekarang, marilah kita membuat konten video secara apik, dan membuat video kita bisa direkomendasikan oleh Youtube untuk tampil di suggested video. Jangan pernah menyerah untuk memperbaiki semua kesalahan yang sudah kita lakukan. Teruslah berkarya agar Channel Youtube kita bisa dikenal oleh orang banyak. Terimakasih.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

3 Komentar

Lebih baru Lebih lama