5 Cara Membiasakan Diri Mengurangi Penggunaan Plastik

Sampah plastik yang mencemari lingkungan tempat kita hidup, semakin lama semakin memprihatinkan. Bahkan pemerintah pun sudah turut turun tangan untuk membuat peraturan mengenai pelarangan penggunaan kantong plastik pada ritel modern dan pusat perbelanjaan. Kabarnya, peraturan ini pun juga segera menyasar pasar-pasar tradisional. Alangkah lebih baik jika kita tidak perlu menunggu pemerintah untuk turun tangan Alangkah baik jika  pengurangan penggunaan plastik ini tumbuh atas kesadaran diri dan menjadi kebiasaan kita.


Berikut ini 5 Cara yang bisa dilakukan untuk membuat kita membiasakan diri mengurangi penggunaan plastik. Mari kita simak bersama-sama

1.      Bawa kantong belanja sendiri


Kantong yang dimaksud ini nggak harus berupa kantong berbahan kain atau karung goni loh, yang terpenting adalah bisa dipakai berulang-ulang kali dan mudah dibawa ke mana saja. Sebaiknya kita menyiapkan kantong yang tidak berat dan bisa dilipat-lipat hingga kecil. Dan yang paling penting, sediakan selalu di dalam tas yang biasa dibawa sehari-hari agar jika harus mendadak belanja nggak perlu kerepotan lagi.


Baca Juga : Rjukan, Kota Kecil Dengan Matahari Buatan manusia

2.      Siapkan kotak makan


Kotak makan ini  sangat bermanfaat sebagai pengganti pembungkus makanan seperti kantong kertas, plastik, hingga stereofoam. Bahkan jika kita sedang makan di restoran dan nggak habis pun, dengan membawa kotak makanan ini kita bisa membawanya pulang  dengan memasukkan ke dalam kotak makan tersebut.


3.      Sediakan Tumbler Minuman


Pada saat kita membeli kopi atau teh di kedai yang masih menggunakan cup plastik, ada baiknya kita membawa tumbler minuman sendiri. selain lebih sehat, kita pun membantu mengurangi sampah plastik. misalnya seperti gerai es kopi atau teh bubble. Dan biasanya... mereka juga akan memberikan diskon lho untuk kita yang membawa tumbler minuman sendiri.


Baca Juga : 9 Negara Terbaik Untuk Pensiunan kaya


4.      Membawa sedotan stainless


Sejak pertengahan 2018, beberapa kafe dan resto di Jakarta secara perlahan beralih pada penggunaan sedotan stainless sebagai pengganti sedotan plastik. Walaupun belum semuanya, tapi nggak ada salahnya kan jika kita membekali diri dengan membawa sedotan stainless setiap kali pergi atau berencana ingin makan di luar. Dan jika anda tidak membawa sedotan stainless, alangkah lebih baik anda minum langsung dari gelas tanpa menggunakan sedotan.


5.      Masukan langsung buah dan sayur dalam troli belanja


sudah menjadi kebiasaan di supermarket, kita secara reflek menyobek plastik untuk membungkus buah dan sayuran yang akan kita beli. Padahal, penggunaan plastik ini sebenarnya nggak efisien lho untuk buah ataupun sayur yang berukuran besar. Agan dan Sista bisa memasukkan langsung ke dalam keranjang belanjaan setelah ditimbang. Jangan takut sayuran atau buah yang anda beli bakal kotor, karena sebelum dikonsumsi buah dan sayur tersebutpasti dicuci hingga bersih.


Baca Juga : Melihat Masa Lalu Dari Alam Semesta

Memperbaiki kebiasaan kita yang kurang baik menjadi lebih baik memang nggak bisa secara cepat dilakukan akan tetapi paling nggak secara perlahan-lahan.
Briel Betsya

Tidak Pandai Bicara, Tapi Masih Bisa Menulis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama