Lakukan 5 Hal Ini Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Anda

Ada 1.440 menit atau 24 jam dalam sehari. Yang mana pada awalnya tampak seperti banyak waktu yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan anda. Tapi kenyataannya waktu anda akan terasa kurang karena anda berlomba untuk menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan anda sebelum matahari terbenam. Dan itu tidak hanya bekerja. Selalu ada sesuatu yang lain untuk dilakukan, apakah itu menyelesaikan tugas kampus, menyelesaikan sebuah proyek anda, menghabiskan waktu dengan keluarga anda atau hanya merawat diri sendiri dengan mendapatkan cukup tidur.



Meskipun kegiatan yang mengisi hidup kita berbeda-beda, tapi kita semua membutuhkan keterampilan yang sama untuk membuat sebagian besar waktu kita efisien. Jika anda ingin membuat setiap waktu anda menjadi efisien, lakukan 5 hal dibawah ini. Karena ini adalah hidup anda, dan waktu sangatlah berharga bagi anda.

1. Buatlah Daftar Tugas

Sebelum ada GPS, merencanakan jalan anda melalui peta sangatlah penting pada saat anda akan melakukan perjalanan panjang. Sangat penting untuk mengetahui kemana anda akan pergi, dan jika anda tersesat, bagaimana caranya untuk mendapatkan kembali jalan yang tepat. Sebuah daftar terperinci to-do adalah peta anda yang dapat membuat anda tetap berada pada jalur yang benar.

Sebagai contoh cobalah anda membuat daftar to-do pada hari minggu malam. Saat anda sedang bersantai, anda akan lebih mudah untuk menganalisa apa saja yang harus dikerjakan dan apa yang harus diprioritaskan. Untuk poin yang diprioritaskan, cobalah lakukan pemisahan menjadi beberapa bagian yang mencakup harian, mingguan, atau bahkan untuk tujuan tahunan dalam proyek anda. Tentu saja, hal-hal yang tidak terduga dan tidak ada pada daftar juga akan datang pada anda, tetapi anda akan menemukan bahwa perencanaan yang sudah anda buat akan  mengurangi stres pada saat berurusan dengan hal-hal yang tidak terduga tersebut.

Anda akan lebih tenang jika dalam perjalanan panjang, ban mobilnya kempes tapi anda tahu kalau anda sedang berada di jalan yang benar menuju tujuan anda. Berbeda halnya jika anda tersesat tidak tahu jalan dan juga dalam kondisi ban mobil anda kempes.


2. Bangun Pagi-Pagi

Ini mungkin akan terasa berat bagi anda. Tapi dengan bangun pagi, anda berkesempatan untuk merencanakan hari anda, dan juga membantu mengurangi stres. Dan jika anda sadar bahwa anda akan menjadi lebih sibuk pada hari itu, anda dapat menggunakan beberapa waktu lebih yang anda punya untuk menyelesaikan tugas-tugas anda. Selain itu, bangun pagi-pagi juga bisa anda jadikan sebagai suatu kebiasaan yang positif karena dengan bangun pagi anda bisa menjadi lebih sehat. 

Bangun pagi juga menjadi salah satu kebiasaan yang bisa membuat anda sukses di pagi hari. Jika anda ingin mengetahui kebiasaan lainnya anda bisa baca di artikel 6 Kebiasaan Di Pagi Hari Yang Bisa Membuat Anda Sukses

3. Bekerja dengan orang-orang

Hidup adalah kolaboratif. Terlalu banyak sendirian, atau dikelilingi oleh orang yang salah, dapat mengalihkan perhatian anda dari tujuan anda. Sangatlah penting untuk meluangkan waktu setiap hari berhubungan dengan orang yang bisa membawa keluar apa yang terbaik dalam diri anda. Anda bisa berarti mencari kelompok yang tepat dari orang di kantor Anda, Cobalah membuat hubungan yang positif antara teman-teman anda, diri sendiri dan tujuan anda.

Berada di sekitar orang yang tepat akan membuat anda bertanggung jawab. Anda bisa tetap fokus dengan tujuan anda dan juga anda bisa mendapatkan solusi dari mereka saat anda sedang menghadapi suatu tantangan.


4. Berikan  Tujuan Yang Jelas Dalam Bekerja

Tujuan seperti membayar sewa dan tagihan listrik memang baik, tetapi hal ini tidak menjadi inspiratif. Jika anda sudah bekerja keras, cobalah berorientasi ke arah sesuatu yang tinggi yang anda inginkan. Menentukan imbalan atau hadiah besar yang ingin anda dapatkan melalui usaha anda akan membuat apa yang anda lakukan terasa lebih penting dan memiliki sesuatu yang nyata untuk dibuktikan. Sebagai contoh jika anda bekerja keras untuk tujuan membeli sebuah mobil, maka anda akan merasa bahwa semua pekerjaan anda adalah penting, dan pada akhirnya pada saat anda berhasil membeli mobil, anda bisa membuktikan segala hasil kerja keras anda

Selain itu, anda dapat menggunakan trik ini "Berikan Tujuan Yang Jelas Dalam Bekerja" untuk mempertahankan dan membangun motivasi untuk anda. Anda akan mencari tahu apa yang penting bagi anda, dan apa yang anda siap lakukan untuk mencapai tujuan anda.


5. Tahu Batasan Diri

Ketika di awal saya mengatakan ada 24 jam dalam sehari, pastinya anda sudah tahu bahwa delapan jam harus digunakan untuk tidur. Tetapi tidur bukanlah satu-satunya momen tenang anda. Dan tidak apa-apa anda adalah manusia. Setelah titik tertentu, anda akan mencapai batasan anda.  Ada saatnya kita juga harus mengambil sebuah keputusan penting untuk berhenti sesaat atau untuk melangkah mundur dari tujuan kita. Mungkin anda merasa suatu hal sangatlah penting dan anda terus mendorong melewati batasan diri anda, tetapi anda berisiko merusak semua pekerjaan baik yang sudah anda capai sebelumnya. Cobalah sedikit menahan diri dan membuat lebih baik untuk diri sendiri besok.

Tapi terkadang juga, anda perlu mendorong melewati batasan anda. Jika anda membiarkan batasan diri anda untuk menentukan nasib anda, anda akan kehilangan kesempatan untuk maju dan berkembang. Kadang-kadang, anda perlu melewati batasan diri anda untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa anda bisa.

Jika anda bertanya pada diri sendiri, "Apakah saya dapat melakukan lebih?", cobalah mengambil istirahat sebentar dan melangkah pergi. Jika setelah kembali, anda masih berputar-putar, itu mungkin tanda terbaik bagi anda untuk berhenti. 

Baca Juga5 Kebiasaan Yang Bisa Menghambat Karir Kamu

Kesimpulan : Hanya anda sendiri yang bisa membuat waktu anda menjadi efisien dan memperlakukannya sebagai harta anda. Dalam hidup, pastinya anda akan dihadapkan pada sebuah tantangan. Hal ini dapat membuat anda tergoda untuk terobsesi. Tapi itu adalah kebalikan dari menjadi efisien dengan waktu anda.

Demikianlah 5 hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi waktu anda. Sekian dulu artikel kali ini, terimakasih.
Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama