Mengenal PA Dan DA Dalam Teknik SEO

Dalam meningkatkan SEO (Optimasi Search Engine) dalam suatu website tentunya kita harus mengetahui dahulu istilah Page Authority dan juga Domain Authority. PA dan DA ini merupakan sebuah tanda yang menunjukan seberapa berkualitasnya website kita yang nantinya berpengaruh juga kepada kemunculan website kita di search engine.


Tahukah anda bahwa banyak sekali para pemilik website terutama para pemula tidak mengetahui dan juga belum mengerti mengenai ke dua hal ini. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena kita bisa mengetahui seberapa bagusnya website pribadi kita dan juga kita bisa membandingkan dengan website lainnya via mesin pencarian seperti GoogleYahoo, maupun Bing.

Baca Juga : Rahasia Blog Anda Menjadi Populer

Mesin pencarian, seperti Google sangat menyukai website dengan nilai PA dan DA yang tinggi, dan mereka selalu menempatkannya di halaman utama. Hal inilah yang menjadikan banyak pemilik website berlomba-lomba untuk meningkatkan PA dan DA-nya.

Melalui artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai PA dan DA secara lengkap

1. Page Authority

Apa itu PA (Page Authority) ?

Page authority adalah sebuah gambaran rangking website yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian. Page authority memiliki range angka dari 0 sampai dengan 100. Dengan semakin tinggi nilai PA sebuah website, maka kemungkinan untuk dapat muncul di halaman utama search engine pun sangatlah tinggi. Selain itu, angka-angka ini juga berkaitan dengan relevansi konten pada website anda dan juga linknya pada halaman yang satu dengan yang lain.

Sebagai contoh Wikipedia.com (website yang tentunya kita sudah tahu) memiliki  nilai PA yang tertinggi mencapai 95 dan tentunya hal ini akan membuat hasil pencarian kita di search engine selalu menempatkannya di posisi pertama.

 Lalu Bagaimana Cara  Meningkatkan PA?

Ternyata cara meningkatkan PA di website kita itu cukup simple. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda coba terapkan :

  1. Update terus konten atau artikel-artikel di website anda secara berkala, minimal 3 kali dalam seminggu. Ingatlah selalu, konten atau artikel anda haruslah asli dan tidak boleh copy paste. Selalu buatlah dan penuhi artikel anda dengan informasi-informasi terbaru yang menarik, relevan, bermanfaat, dan tentunya disukai oleh para pembaca.
  2. Lakukan backlink yang berkualitas dan relevan, jangan pernah spamming. Lakukan backlink yang relevan supaya nilai PA  website anda cepat naik. (silahkan baca : Tips Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas Tinggi)
  3. Jangan isikan website anda hanya dengan teks saja. Beri gambar atau video pada setiap artikel yang anda buat. Gambar dan video ini sangat ampuh membuat pembaca nyaman, tidak cepat merasa bosan dan betah berlama-lama di website anda

 

Domain Authority

Apa itu DA (Domain Authority)

Domain authority atau DA dalam sebuah website mengacu pada kekuatan domain yang dimiliki oleh website anda. Kekuatan DA website didasarkan pada faktor usia, populatiras, dan ukuran dari domain anda. Sama dengan PA, Skala ukuran DA memiliki range dari 1 sampai dengan 100, semakin besar nilai DA sebuah website maka akan semakin baik juga posisi atau peringkat website tersebut dalam SERP

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan DA?

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi peringkat DA pada sebuah website. Faktor tersebut adalah usia, popularitas, dan ukuran. Berikut penjelasannya:

  1. Usia Domain

Usia domain sangat berpengaruh pada seberapa besar atau tingginya domain pada website anda. Jika anda menggunakan domain pribadi, maka anda harus bersabar untuk bisa menaikan DA-nya, tapi jika anda menggunakan domain yang sudah ada, seperti Blogspot.com atau WordPress.com, maka nilai dari DA-nya tidak akan bisa ditingkatkan lagi.

  1. Popularitas Domain

Popularitas domain bisa anda ketahui sendiri dari seberapa banyak jumlah inbound link yang masuk ke website anda, dimana link-link yang masuk tersebut merupakan link yang berkualitas dan tidak spam. Kualitas inbound link ini juga akan mempengaruhi peringkat DA website anda.

  1. Ukuran Domain

Ukuran domain adalah seberapa banyak jumlah konten yang dimiliki oleh sebuah website. "Jumlah" yang dimaksud disini bukanlah jumlah artikelnya saja, akan tetapi berapa banyaknya informasi bermanfaat yang diberikan oleh website anda kepada para pembaca. Jadi saran dari saya buatlah artikel yang bermanfaat bagi para pembaca atau pengunjung website supaya dilirik oleh search engine.

 

Nah, sekarang anda sudah mengenal tentang pengertian, manfaat, serta cara meningkatkan PA dan DA dalam teknik SEO. Sekarang mungkin anda ingin mengetahui cara untuk melihat nilai PA serta DA website anda. Saat ini sudah banyak tools yang bisa anda cari di Google untuk membantu mengetahui nilai PA dan DA suatu website. Salah satu tools yang digunakan oleh BERBISNIS DAN BERBAGI untuk mengetahui nilai DA dan juga PA websitenya adalah dengan menggunakan Domain Authority Checker (Klik aja)

Demikianlah artikel kami kali ini, semoga bisa bermanfaat. Jadi marilah kita mulai dari sekarang untuk fokus meningkatkan nilai PA dan juga DA website anda.


Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama