Penyebab Adsense Anda Tidak Di Klik, Dan Cara Mengatasinya

Para pembuat situs tentunya sudah kenal dengan iklan Google Adsense. Dengan iklan inilah mereka bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Tapi bagi sebagian pemula, masih ada kendala dalam mencari uang dengan Google Adsense ini karena mereka hanya sedikit atau malah tidak mendapatkan uang sepeserpun dari Adsense ini. Mereka akan bingung, kenapa Iklan mereka tidak ada yang mengkliknya.


Alasan pengunjung tidak mengklik iklan Adsense anda bisa bermacam-macam. Berikut ini adalah 5 faktor umum yang menyebabkan pembaca mengabaikan iklan anda

Baca Juga : 11 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Adsense

1. Iklan Tidak Sesuai Dengan Target Pemirsa Anda

Memiliki blog yang didedikasikan untuk game online yang menayangkan iklan Adsense sepatu wanita akan sangat merugikan. Pengunjung tidak mungkin tertarik dengan iklan Adsense yang tampil sehingga mereka tidak mungkin mengklik iklan. Google secara otomatis menggunakan alat deteksi kontekstual untuk mengukur potensi audiens situs anda berdasarkan kontennya. Menambahkan konten setiap minggu yang konsisten dan sesuai dengan niche blog anda dapat membantu Google menayankan iklan yang sesuai dan berpotensi besar untuk di klik.

Ubah Pengaturan Iklan Anda : Google mengizinkan penayang iklan Adsense mengatur opsi jenis iklan yang ingin ditayangkan dalam blog anda. Hal ini bisa memberi anda opsi penargetan yang lebih efektif untuk menayangkan iklan yang lebih relevan dengan pengunjung situs anda. Tentunya jumlah klik juga akan meningkat.

2. Agresif Dalam Penargetan Kata Kunci

Mungkin anda terlalu bersemangat dalam mengembangkan konten dalam situs anda. Anda juga mungkin terlalu agresif, dan mencoba memasukan sebanyak mungkin kata kunci untuk mengejar audiens sebanyak-banyaknya. Hal ini sangat berbahaya karena bisa mencemari situs anda, dan tentunya iklan Adsense yang di tampilkan menjadi tidak relevan. Hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat klik iklan.

Atur Kata Kunci Anda : Dalam dashboard Adsense anda bisa memblokir kata kunci dan jenis iklan yang tidak sesuai dengan situs anda. Saat iklan yang relevan ditampilkan, anda akan mulai melihat peningkatan tayangan dan juga rasio klik iklan.


3. Adsense Diblokir Di Situs Anda 

Bagi anda yang baru pertama kali membuat situs, mungkin secara tidak sengaja memblokir robot Google Adsense dan anda tidak menyadarinya. Karena robot itu tidak bisa menjelajahi situs anda, maka iklan adsense tidak bisa di tampilkan dalam situs anda, dan tentunya adsense anda tidak akan ada yang mengklik. Periksa apakah anda tidak sengaja melakukan ini dengan mengetikan "www.situsanda.com/robot.txt". Jika anda melihat larangan mediapartner-Google segeralah anda perbaiki untuk memungkinkan iklana Adsense bisa tampil dalam situs anda.

Cara memperbaiki robot txt :  anda memerlukan protokol transfer file ke situs anda untuk menyesuaikan atau membuat robot.txt. Setelah masuk, tambahkan User-Agent : Mediapartners-Google dan biarkan baris "Disallow" dibawah tetap kosong.

4. Iklan Ditampilkan Di Bawah

Iklan yang ditampilkan di bawah, memiliki tingkat interaksi yang rendah. Karena halaman situs anda pada saat terbuka selalu ditampilkan bagian atas terlebih dahulu, dan cenderung orang tidak akan melihat sampai kebawah jika konten anda tidak menarik, maka penempatan iklan di bawah sangat tidak di rekomendasikan.

Perbaiki posisi iklan anda : pindahkan iklan anda sehingga muncul di posisi lebih tinggi. Sangat dianjurkan iklan Adsense ini di pasang di bagian atas situs anda, dan juga di tengah artikel untuk membantu jumlah klik iklan yang akan terjadi.


5. Tingkat Pengunjung Yang Rendah

Sebuah situs dengan tingkat lalu lintas yang sedikit akan sulit bersaing untuk masuk peringkat halaman pertama Google. Hal ini akan berdampak pada penayangan dan tentunya jumlah klik pada iklan anda. Meningkatkan peringkat Google dan juga meningkatkan jumlah pengunjung yang mengarah ke situs anda akan sangat membantu dalam jumlah penayangan iklan Adsense.

Buat konten berkualitas tinggi : Tetapkan jadwal blogging yang teratur, minimal 3 kali dalam seminggu. Buatlah artikel yang menarik atau sedang trend saat ini dan tentunya berhubungan dengan niche blog anda. Jangan lupa juga bagikan artikel anda ke jejaring sosial, dan jangan lupa pasang Widget share artikel agar para pengunjung juga bisa membagikan kepada orang lain.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

4 Komentar

  1. Aduh blog gua banyak penyakitnya deh, artikel yang bagus broh

    BalasHapus
  2. Cara ngatur jenis iklan yang akan ditayangkan di blog bagaimana gan?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama